Telkomsel telah secara resmi menerima teknologi 5G Sertifikat Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kinfo) pada 24 Mei 2021. Dengan penerimaan Sklo Telkomsel secara resmi menjadi “operator 5G pertama di Indonesia”, mengingat Telkomsel itu Operator seluler pertama layak untuk mengoperasikan jaringan teknologi 5G Indonesia menurut SKLO yang diterbitkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi pada 21 Mei 2021. Oleh karena itu, Telkomsel dapat segera memelihara jaringan 5G secara komersial untuk tahap awal kemajuan teknologi dihari kebangkitan nasional┬ápada frekuensi 2,3 GHz Spectrum dan menjual produk atau layanan 5G ke pelanggan.

Telkomsel Operator Seluler Pertama Yang Melayani Jaringan 5G

Direktur Administrasi Telkomsel, Setyanto Hantoro, mengatakan: “SKLO adalah bukti bahwa Telkomsel dipenuhi secara hukum dan secara resmi mengubah semua persyaratan dan peraturan yang berlaku dan menjadi operator pertama yang mengoperasikan layanan 5G secara komersial di Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan diri Anda telah diberikan oleh Mr. Menteri dan rentang Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia, untuk bersama-sama mengawasi implementasi ILO 5G untuk Telkomsel, dan mengilhami kami untuk melaksanakan rencana strategis pemerintah dalam “pengembangan teknologi terbaru sebagai Bagian dari percepatan ekspasi broadband dan digital inklusif di Indonesia, “katanya.

Operator Seluler Pertama Yang Melayani Jaringan 5G Di Indonesia

Setyanto menambahkan, dengan penerimaan Sklo itu juga menunjukkan bahwa Telkomsel mendekati realisasi transformasi digital integral di Indonesia melalui penyediaan dan organisasi layanan jaringan dan 5G. “Kehadiran jaringan broadband terkemuka di tengah-tengah masyarakat ini juga merupakan manifestasi dari komitmen Telkomsel untuk terus memberikan produk dan layanan yang berpusat pada pelanggan yang dapat menyajikan solusi dan membuka pintu peluang terluas untuk semua tingkatan dari masyarakat untuk mempromosikan Kemandirian dan kedaulatan digital bangsa, bersama dengan pengembangan ekosistem 5G, secara bertahap dilakukan dan diukur dan terus menerus kepada semua pemangku kepentingan yang relevan, “katanya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Johnny G. Plick, mengatakan bersama dengan penyampaian SKLO dari Kementerian Komunikasi dan Informasi hari ini, Telkomsel akan menjadi penyelenggara telekomunikasi dari jaringan 5G pertama di Indonesia. Layanan Telkomsel 5G akan diluncurkan secara simultally pada tanggal 27 Mei 2021 dan kemudian akan dibatasi dan secara bertahap di 6 (enam) lokasi perumahan di wilayah Jabodetabek, serta di kota-kota lain seperti, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam , Surabaya, Makassar dan Bandung. “Implementasi utama 5G di Indonesia ini juga merupakan hasil dari Kementerian Kinfo dalam beberapa tahun terakhir. Kementerian Komunikasi dan Informasi, bersama dengan beberapa penyelenggara telekomunikasi, telah melakukan persidangan jaringan 12G sepanjang 2017 kemarin. Salah satu tes Dilakukan “Pada saat Asian Games pada 2018. Awal 2021, Kementerian Komunikasi dan Informasi juga telah membuat lelang pita frekuensi 2,3 GHz,” katanya.