Sejarah perkembangan teknologi informasi menggambarkan pertumbuhan peradaban manusia yang diiringi lewat pertumbuhan langkah penyampaian informasi. Dulunya manusia purba menyampaikan informasi lewat lukisan di dinding-dinding goa. Sekarang arus informasi udah bisa diakses dengan ringan lewat internet dari https://pragmatic.sg-host.com/. Begitu pula ragam informasinya. Masa saat ini semakin banyak informasi yang diserap.

Internet seolah bisa mengimbuhkan informasi tanpa batas. Namun, perihal ini tidak dirasakan terhadap zaman lampau. Pada awal sejarah, bahasa dipakai sebagai alat pindah informasi. Hanya saja, bahasa lisan punya kelemahan yakni informasinya ringan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama, juga tersedia keterbatasan jangkauan suara. Lalu, sedikit lebih maju, informasi berkembang pakai gambar dari zaman purba sampai sekarang. Sejak ditemukan alfabet dan angka arabik, penyampaian informasi terjadi lebih efisien.

Alfabet memudahkan manusia untuk menyampaikan informasi lewat tulisan. Saat ditemukan teknologi pencetakan, informasi jadi lebih ringan disebarkan. Hal mirip juga terjadi ketika merasa keluar radio, televisi, sampai komputer yang menyebabkan informasi menyebar jauh lebih luas jangkauannya. TIK pada saat sekarang ini juga sudah mulai meluas, dimanfaatkan pada berbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya. Bahkan kalian bisa temui perkembangan teknologi informasi komunikasi pada pemerintahan.

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi Informasi Dari Waktu Ke Waktu

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Awalnya, komunikasi pakai nada dengusan dan sinyal tangan. Lalu, berkembang sampai saat ini yang pakai peralatan komunikasi lebih modern. Berikut pertumbuhan teknologi dan informasi dari era ke masa:

  • Masa Prasejarah (… sampai 3000 SM) Di zaman prasejarah, manusia purba berkomunikasi lewat informasi di dinding-dinding gua. Mereka menceritakan pengalaman berburu dan binatang buruannya. Mereka melukis untuk mewakili bermacam perihal yang hendak dikatakan. Obrolan di antara manusia tetap hanyalah dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan.
  • Masa Sejarah (3000 SM sampai dengan 1400 M) Di era sejarah, teknologi komunikasi berevolusi jadi lebih baik. Proses menggambar di dinding gua tetap berlangsung. Namun, berkembang ulang caranya dengan pakai simbol layaknya terhadap era kehidupan Bangsa Sumeria yang Mengenakan huruf piktograf di era 3000 SM. Lalu, periode 2900 SM keluar huruf hieroglif oleh bangsa Mesir kuno. Di tahun 1570-1045 SM, proses menulis ikut berkembang terhadap era dinasti Shang di Cina dari peradaban permainan cara daftar slot online.Masuk ke era tahun 500 SM, bangsa Mesir kuno Mengenakan pohon papyrus sebagai kertas. Serat papyrus ditulisi begitu banyak ragam informasi.Selanjutnya, Tsai Lun dari bangsa Cina mendapatkan kertas dari serat bambu dan sangat mungkin proses pencetakan Mengenakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri tinta.
  • Masa Modern (1400 M – sekarang)Pada era modern teknologi komunikasi udah sangat mungkin informasi bisa menyebar sangat luas. Di era ini ditemukan koran, telegraf, telepon, mesin ketik, radio, televisi, sampai internet yang memudahkan orang berkomunikasi sekaligus menyampaikan informasi lebih cepat.