Begini Sejarah Perkembangan Teknologi dari Masa ke Masa

Begini Sejarah Perkembangan Teknologi dari Masa ke Masa post thumbnail image

Begini Sejarah Perkembangan Teknologi dari Masa ke Masa – Teknologi hadir dan menjadi bagian hidup manusia dewasa ini. Manusia seolah tak bisa berfungsi tanpa ponsel cerdas, tablet, dan komputer yang merupakan alat-alat produk teknologi modern. Berbagai aspek keseharian mulai dari bekerja, belanja, belajar, hingga mencari informasi semuanya dilakukan dengan bantuan teknologi.

Dalam waktu yang sangat singkat, teknologi telah meledak di pasaran dan penggunaannya semakin meningkat drastis, bahkan hingga membuat banyak orang tidak dapat hidup tanpanya. Untuk memahami bagaimana manusia meninggalkan zaman kegelapan yang sebenarnya belum lama berselang, ke tempat yang penuh dengan teknologi seperti sekarang ini, penting untuk memahami bagaimana proses perkembangan teknologi berlangsung. Penting untuk memahami perkembangan teknologi secara tahap demi tahap untuk sampai pada pemahaman mengenai ketergantungan manusia pada aspek yang satu ini. Berikut selengkapnya.

Inilah Tujuan Mendorong Perkembangan Teknologi

Semua teknologi lahir dari sebuah tujuan. Misalnya, mesin pencari diciptakan untuk memilah-milah sejumlah besar data online. Dalam setiap perkembangannya, teknologi baru menggabungkan teknologi yang ada untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dari yang sebelumnya digunakan. Dan hal ini terus berlangsung hingga sekarang.

Dengan kecepatan kilat dari evolusi teknologi, tidak heran banyak orang lantas berjuang untuk mengikutinya agar tidak ketinggalan. Melihat kembali ke tahun 1990-an, Internet adalah komoditas baru yang belum bisa diakses oleh semua khalayak.

Untungnya, karena semakin banyak orang yang menemukan nilai dan manfaat dari adanya Internet, teknologi ini lantas dikembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi seperti yang dikenal sekarang. Dikutip dari beberapa sumber ini dia sejarah perkembangan teknologi dari masa ke masa yang menarik untuk slot bonus 100 diketahui;

1. 3,3 juta tahun yang lalu: Alat pertama

Sejarah teknologi dimulai jauh hingga ke masa ini. Serpihan batu tajam yang digunakan sebagai pisau dan batu tak berbentuk yang lebih besar yang digunakan sebagai palu dan landasan telah ditemukan di Danau Turkana di Kenya. Alat-alat itu dibuat 3,3 juta tahun yang lalu dan kemungkinan besar digunakan oleh nenek moyang seperti Australopithecus.

2. 1 juta tahun yang lalu: Api

Kapan manusia pertama kali menggunakan api masih belum diketahui secara pasti. Tetapi, seperti halnya alat pertama, api mungkin ditemukan oleh nenek moyang Homo sapiens. Bukti material yang terbakar dapat ditemukan di gua-gua yang digunakan oleh Homo erectus mulai sekitar 1 juta (dan mungkin bahkan 1,5 juta) tahun yang lalu.

3. 20.000 hingga 15.000 tahun yang lalu: Revolusi Neolitik

Selama Periode Neolitik beberapa teknologi kunci muncul bersama-sama. Manusia berpindah dari mendapatkan makanannya dengan berburu menjadi mendapatkannya melalui bertani. Orang-orang berkumpul dalam kelompok yang lebih besar. Tanah liat digunakan untuk tembikar dan batu bata. Pakaian mulai dibuat dari kain tenun. Roda juga kemungkinan ditemukan saat ini.

4. 6000 SM: Irigasi

Sistem irigasi pertama muncul kira-kira secara bersamaan di peradaban lembah sungai Tigris-Efrat di Mesopotamia dan lembah Sungai Nil di Mesir. Karena irigasi membutuhkan banyak pekerjaan, masa ini menunjukkan adanya tingkat organisasi sosial yang tinggi dari manusia.

5. 4000 SM: Berlayar

Kapal layar pertama digunakan di Sungai Nil. Karena Sungai Nil tidak memberikan ruang sebanyak lautan untuk berlayar bebas, kapal-kapal ini juga memiliki dayung untuk navigasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Amazon Dukung Kesetaraan Gender Perempuan Jadi Pemimpin di Dunia Teknologi

Amazon Dukung Kesetaraan Gender Perempuan Jadi Pemimpin di Dunia TeknologiAmazon Dukung Kesetaraan Gender Perempuan Jadi Pemimpin di Dunia Teknologi

Amazon Dukung Kesetaraan Gender Perempuan Jadi Pemimpin di Dunia Teknologi – Platfrom sebesar Amazon melihat adanya potensi perempuan untuk menjadi pemimpin di dunia teknologi. Hal ini juga terlihat dari riset yang dikeluarkan Linkedin Jobs Jobs on the Rise tahun 2022 menunjukkan Data Scientist Specialists dan Machine Learning Engineers merupakan dua pekerjaan dengan pertumbuhan slot gacor gampang menang tercepat selama lima tahun terakhir di Indonesia dan diproyeksikan akan terus tumbuh di masa depan.

Namun, studi ini juga menyoroti rendahnya tingkat partisipasi perempuan di dua pekerjaan bidang teknologi tersebut. Sepanjang tahun 2021, hanya 33,3% perempuan yang dipekerjakan sebagai Data Scientist Specialists dan hanya 27,8% sebagai Machine Learning Engineers.

Dengan misi untuk mengurangi kesenjangan gender di dunia kerja teknologi, Amazon Web Services (AWS) InCommunities menginisiasi AWS Girls’ Tech Day. Kegiatan ini merupakan sebuah prakarsa global untuk edukasi STEAM (science, technology, engineering, arts, dan mathematics) bagi anak perempuan dan perempuan muda.

Dihadirkan perdana di Indonesia pada 19 dan 26 November lalu bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI), sebuah lembaga nirlaba yang fokus mempersiapkan generasi muda untuk bekerja, program ini mengedukasi, menginspirasi, dan memberdayakan 250 pelajar perempuan dari lima SMA/SMK di Jawa Barat untuk membangun minat dan karier di bidang teknologi.

Girls’ Tech Day

Diadakan sejak 2018, AWS Girls’ Tech Day telah memberikan dampak bagi lebih dari 7.000 anak perempuan dan perempuan muda berusia 8-24 tahun dari 12 negara di seluruh dunia. Hadirnya program inovatif ini di Indonesia diharapkan dapat membantu menyediakan akses dan kesempatan yang setara terhadap pendidikan STEAM bagi mereka yang selama ini kurang terwakili dalam bidang studi tersebut.

Selain itu, program ini juga merupakan wujud komitmen AWS untuk mendukung lahirnya generasi pemikir kreatif dan pemimpin perempuan masa depan di bidang teknologi di Indonesia. Inisiatif ini menjadi langkah awal yang penting dan inspiratif bagi para pelajar perempuan untuk memahami tren dan peluang karier bidang teknologi, merancang jalur pendidikan dan pengembangan diri menuju karier bidang teknologi di masa depan, serta mengeksplorasi ragam keterampilan seputar pengkodean dan robotika.

“Kami berharap pengalaman menyenangkan dalam program ini dapat memberikan aspirasi baru bagi para perempuan muda untuk percaya diri menjadi talenta teknologi yang kompetitif di industri. Kami merasa terhormat dapat dipercaya untuk mengembangkan kemitraan berdampak bersama AWS Indonesia. Komitmen dari AWS selaras dengan misi kami dan Junior Achievement secara global dalam mempersiapkan generasi muda agar berhasil di pekerjaan masa depan,” kata Robert Gardiner, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia.

Mempelajari robotika

AWS Girls’ Tech Day di Indonesia terdiri dari dua aktivitas utama yang dirancang secara interaktif dan menarik. Melalui sesi bincang inspiratif, enam sosok perempuan yang telah sukses berkecimpung di industri teknologi berbagi wawasan praktis dan pengalaman riil seputar langkah-langkah yang perlu dilakukan para perempuan muda untuk mempersiapkan diri menjadi talenta profesional.

Selain itu, mereka juga belajar mengenai konsep dan fungsi dari pusat data dan komputasi awan menggunakan perangkat robotika Quarky (robot berukuran saku yang dapat diprogram ulang dengan Wi-Fi dan Bluetooth bawaan) dan perangkat lunak pemrograman Pictoblox (perangkat lunak pemrograman grafis). Melalui pembelajaran dan aktivitas tersebut, para pelajar berkenalan dengan beragam teknologi yang banyak diadopsi oleh dunia industri saat ini, seperti pemrograman, kecerdasan artifisial, dan robotika.

Panduan Membeli Alat Bantu Dengar Dengan Tepat

Panduan Membeli Alat Bantu Dengar Dengan TepatPanduan Membeli Alat Bantu Dengar Dengan Tepat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli alat bantu dengar. Ini karena pemilihan dan penggunaan alat bantu dengar yang tepat bisa menunjang penderita gangguan pendengaran untuk berkomunikasi dengan lancar dalam kesehariannya.

Sesuai namanya, alat bantu dengar mampu membantu penggunanya untuk mendengar suara lebih jelas sehingga lebih percaya diri saat berkomunikasi Slot deposit dengan orang lain.

Alat bantu dengar bekerja dengan cara menangkap suara di sekitar menggunakan sebuah mikrofon dan mengubahnya menjadi sinyal listrik. Penguat suara di dalamnya akan menguatkan sinyal tersebut sebelum akhirnya dikirim ke telinga melalui speaker.

Alat yang digunakan di belakang atau di dalam telinga ini dapat menyesuaikan volume suara dengan kadar hilangnya pendengaran, suara di sekitarnya, dan kebutuhan setiap penggunanya.

Panduan Membeli Alat Bantu Dengar

Pada dasarnya, setiap jenis alat bantu dengar memiliki cara kerja dan fungsi yang sama. Meski begitu, Anda tetap perlu memilih alat bantu dengar yang paling nyaman dan sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah panduan membeli alat bantu dengar yang perlu Anda ketahui:

1. Mengetahui jenis gangguan pendengaran

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah konsultasi ke dokter THT untuk mengetahui jenis dan tingkat keparahan gangguan pendengaran yang diderita. Alat bantu dengar umumnya digunakan oleh penderita gangguan pendengaran sensorineural, yang diakibatkan oleh kerusakan saraf dalam telinga.

Bila Anda menderita gangguan pendengaran konduktif, tindakan operasi atau konsumsi obat-obatan akan lebih disarankan daripada penggunaan alat bantu dengar.

2. Menentukan ukuran dan bentuk alat bantu dengar

Saat memilih alat bantu dengar, Anda juga perlu memastikan ukurannya sesuai dengan telinga. Pasalnya, bentuk alat bantu dengar terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya ada yang menempel di daun telinga, masuk sebagian ke liang telinga, atau tertanam seluruhnya di dalam liang telinga.

Masing-masing bentuk alat bantu dengar pun memiliki kekurangan dan kelebihan. Alat bantu dengar yang menempel di daun telinga tentu sangat terlihat, tetapi biasanya lebih stabil dan peka untuk menangkap suara.

Sedangkan alat bantu dengar yang masuk ke dalam liang telinga, ukurannya lebih kecil tetapi perlu dipastikan bahwa ujungnya pas dengan bukaan liang telinga. Hal ini penting untuk diperhatikan agar tidak mudah copot dari telinga.

3. Memperhatikan fitur tambahan

Selain fungsi utamanya sebagai pendukung indra pendengaran, ada beberapa jenis alat bantu dengar yang menawarkan fitur tambahan, seperti peredam suara berisik, isi ulang daya melalui charger, dan koneksi ke perangkat lain seperti ponsel atau laptop.

4. Menyesuaikan dana

Namun, perlu diingat bahwa alat bantu dengar dengan fitur tambahan biasanya memiliki harga yang lebih mahal daripada alat bantu dengar biasa. Oleh karena itu, Anda juga perlu menyesuaikan dengan ketersediaan dana yang dimiliki.

Sama halnya dengan membeli benda elektronik lain, hal penting yang perlu Anda perhatikan dan pastikan saat membeli alat bantu dengar adalah masa garansinya.

Alat ini akan Anda gunakan setiap saat untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, garansi menjadi hal penting apabila alat bantu dengar yang digunakan bila sewaktu-waktu mengalami kerusakan.

Selain mengetahui tips membeli alat bantu dengar, penting juga untuk mengetahui tips merawat alat bantu dengar, yaitu:

  • Jauhkan alat bantu dengar dari suhu panas, udara lembap, dan produk perawatan rambut seperti hair spray.
  • Matikan alat bantu dengar ketika sedang tidak digunakan.
  • Ganti baterai bila dayanya sudah habis.
  • Bersihkan alat bantu dengar secara rutin dan sesuai petunjuk dari kemasan.

Perlu diingat bahwa alat bantu dengar tidak dapat mengembalikan kualitas pendengaran sepenuhnya. Selain itu, perlu kesabaran dan waktu untuk menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar. Berlatih menggunakan alat ini di berbagai tempat dan situasi bisa mendukung Anda untuk menyesuaikan diri lebih cepat.
Anda bisa menerapkan panduan membeli alat bantu dengar yang telah dijelaskan di atas sebelum memutuskan untuk membelinya. Jika masih ada pertanyaan terkait gangguan pendengaran dan alat bantu dengar yang tepat, jangan ragu untuk bertanya ke dokter.

Mengenal Robotic Process Automation (RPA)

Mengenal Robotic Process Automation (RPA)Mengenal Robotic Process Automation (RPA)

Definisi mengenal robotic process Slot Terbaru terpercaya automation (RPA) adalah penggunaan perangkat lunak komputer ‘robot’ untuk menangani tugas-tugas digital berbasis aturan yang berulang. Robot-robot ini berinteraksi dengan aplikasi dan sumber informasi dengan cara yang hampir sama seperti yang dilakukan pekerja manusia. Menempatkan RPA untuk mengerjakan tugas-tugas biasa tidak hanya dapat membantu organisasi mencapai penghematan biaya melalui efisiensi, tetapi juga membebaskan karyawan untuk memusatkan perhatian mereka pada prioritas bisnis yang lebih berharga.

RPA dapat menangani tugas seperti berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, memasukkan data ke beberapa bidang, memasukkan kembali data, atau menyalin dan menempel hampir semua tugas yang sebagian besar didorong oleh aturan dan jadwal. Robot adalah judi roulette online pekerja perangkat lunak yang dapat melakukan pekerjaan seperti mengambil profil pelanggan, mendukung, dan memesan informasi dari berbagai sistem dan aplikasi perusahaan. Karena otomatisasi proses mengambil alih pekerjaan manual rutin yang berulang, kesalahan manusia dihilangkan, dan kesalahan yang mahal tidak lagi terjadi.

Mengenal Robotic Process Automation (RPA)

Konsumen saat ini mengharapkan layanan yang lebih efisien dan dipersonalisasi daripada sebelumnya, dan hanya bisnis yang menggunakan kemampuan digital seperti RPA untuk memenuhi permintaan pelanggan yang slot gacor hari ini lebih canggih dan berkembang yang akan tetap relevan dalam jangka panjang. Tenaga kerja RPA tepat, akurat, dan kebal terhadap kebosanan. Ini juga dapat ditingkatkan dengan lebih mudah daripada tenaga kerja manusia Anda. RPA dapat melakukan hampir semua pekerjaan berbasis aturan dan dapat melakukannya melalui interaksi dengan aplikasi perangkat lunak atau situs web apa pun.

Ini adalah koneksi robot ke dunia manusia dari antarmuka pengguna komputer. Jika manusia bisa melakukannya, robot bisa melakukannya dengan cara yang hampir sama. Mengenal robotic process automation memberi organisasi kemampuan untuk mengurangi biaya staf dan kesalahan manusia. David Schatsky slot online, direktur pelaksana di Deloitte LP, menunjukkan pengalaman bank dalam menerapkan RPA, di mana bank mendesain ulang proses klaimnya dengan menerapkan 85 bot untuk menjalankan 13 proses, menangani 1,5 juta permintaan per tahun.

Bank menambahkan kapasitas yang setara dengan lebih dari 200 karyawan penuh waktu dengan biaya sekitar 30 persen dari biaya perekrutan lebih banyak staf. Bot biasanya berbiaya rendah dan mudah diimplementasikan, tidak memerlukan perangkat lunak khusus atau integrasi rtp slot pragmatic sistem yang dalam. Schatsky mengatakan karakteristik seperti itu sangat penting karena organisasi mengejar pertumbuhan tanpa menambahkan pengeluaran atau gesekan yang signifikan di antara para pekerja.

Perusahaan mencoba untuk mendapatkan ruang bernapas sehingga mereka dapat melayani bisnis mereka lebih baik dengan mengotomatisasi tugas-tugas bernilai rendah. Perusahaan juga dapat meningkatkan upaya otomatisasi mereka https://www.fsnoi.org/ dengan menyuntikkan RPA dengan teknologi kognitif seperti ML, pengenalan suara, dan pemrosesan bahasa alami, mengotomatiskan tugas tingkat tinggi yang di masa lalu membutuhkan kemampuan persepsi dan penilaian manusia.

Implementasi RPA seperti itu, di mana 15 hingga 20 langkah dapat diotomatisasi, adalah bagian dari rantai nilai yang dikenal sebagai otomatisasi cerdas (IA). Pada tahun 2020, otomatisasi dan kecerdasan buatan akan mengurangi kebutuhan karyawan di pusat layanan bersama bisnis sebesar 65 persen, menurut Gartner, yang mengatakan pasar RPA akan mencapai $1 miliar pada tahun 2020. Pada saat itu, 40 persen perusahaan besar akan telah mengadopsi Perangkat lunak RPA, naik dari kurang bonus new member dari 10 persen hari ini.