Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terbaru Teknologi Contoh Teknologi Informasi yang Menarik Diketahui

Contoh Teknologi Informasi yang Menarik Diketahui

Contoh Teknologi Informasi yang Menarik Diketahui post thumbnail image

Contoh Teknologi Informasi yang Menarik Diketahui – Contoh teknologi informasi berikut ini sangat dekat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Memang saat ini tak bisa lagi dipungkiri bahwa keberadaan teknologi informasi sangatlah krusial untuk menunjang beragam aspek dalam hidup. Sebut saja untuk berkomunikasi, bekerja, belajar, berwirausaha, hingga untuk mendapatkan hiburan pun tak lepas dari peran dan keberadaan teknologi informasi. Beberapa slot server thailand no 1 produk teknologi informasi bahkan sudah dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer manusia.

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi (TI) adalah penggunaan komputer, penyimpanan, jaringan, infrastruktur, perangkat fisik lainnya dan proses untuk membuat, menyimpan, mengamankan, dan menukar semua bentuk data elektronik. Kebanyakan teknologi informasi digunakan dalam konteks operasi bisnis, meski ada juga yang digunakan untuk tujuan pribadi atau hiburan. Penggunaan teknologi informasi secara komersial meliputi teknologi komputer dan telekomunikasi.

Kegunaan Teknologi Komunikasi dalam Bisnis dan Keseharian

1. Penggunaan teknologi informasi dalam bisnis

Dalam bisnis besar atau kecil, teknologi informasi memainkan peran signifikan dalam tugas sehari-hari. Bisnis cenderung menggunakan teknologi informasi dalam tiga cara utama yakni untuk mendukung tugas pemrosesan informasi dasar untuk membantu pengambilan keputusan, dan untuk mendukung inovasi. Misalnya, teknologi informasi digunakan untuk merampingkan tugas dari menghitung dan mencetak daftar gaji hingga membuat presentasi.

2. Penggunaan teknologi informasi dalam keseharian

Sebagai masyarakat, pengambilan langkah-langkah untuk merangkul keberadaan teknologi informasi semakin meningkat setiap harinya. Teknologi informasi saat ini ada di mana-mana, terutama sejak dimulainya praktik pendidikan online, keberadaan jejaring sosial, smartphone, penciptaan lapangan kerja, pertanian, dan hiburan.

Contoh Teknologi Informasi

1. Ponsel

Di era digital seperti sekarang, Anda pasti tidak bisa hidup tanpa ponsel. Ponsel bahkan dapat dikatakan sebagai tempat bertahan hidup setiap hari. Dari SMS hingga chatbots, ponsel cerdas secara virtual melakukan hampir segala hal untuk kita.

2. Transaksi keuangan

Berkat keajaiban teknologi informasi, kita dapat berbelanja online, membayar menggunakan kartu debit/kredit dan bahkan menggunakan layanan e-banking. Karena aktivitas keuangan membutuhkan informasi yang mengalir cepat sebagai prasyarat, teknologi informasi membuka jalan untuk penanganan dan transaksi data tanpa banyak kerumitan.

3. Internet

Dari berbagi informasi hingga membentuk komunitas online, internet telah mengatur revolusi industri 4.0. Sebagian besar dapat kita lakukan dengan mudah berkat keberadaan internet yang sangat membantu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

Jenis dan Sistem Cara Kerja Barometer

Jenis dan Sistem Cara Kerja BarometerJenis dan Sistem Cara Kerja Barometer

Jenis dan Sistem Cara Kerja Barometer – Barometer merupakan salah satu produk teknologi yang banyak digunakan di berbagai macam bidang. Biasanya barometer kerap digunakan untuk membantu memperkirakan cuaca di suatu daerah. Bukan hanya itu, barometer juga sering digunakan untuk melakukan pengukuran tekanan di dalam pesawat. Secara umum, barometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara, baik di atas maupun di permukaan laut. Pertama kali alat ini ditemukan oleh Ilmuwan asal Italia, Evagelista Torricelli pada tahun 1643. Ini termasuk penemuan besar karena dapat digunakan untuk membantu berbagai macam pekerjaan, hingga saat ini.

Jenis dan Sistem Cara Kerja Barometer

Cara Kerja Barometer

Untuk penggunaan di rumah, barometer dapat digantung di dinding atau di tempat yang mudah dibaca orang. Biasanya, barometer lebih sering digantung di dinding dalam ruangan. Namun, alat ini juga dapat bekerja dengan baik saat digantung di luar ruangan. Cara kerja barometer tergantung pada keseimbangan berat raksa dalam tabung gelas terhadap tekanan atmosfer. Jika berat raksa kurang dari tekanan atmosfer, maka kadar raksa akan meningkat. Dan jika berat raksa lebih dari tekanan atmosfer, maka kadar raksa akan menurun. Naik turunnya air raksa diukur dengan menggunakan skala inci yang tertera pada tabung gelas.

Pengertian dan Fungsi Barometer

Barometer merupakan instrumen ilmiah yang digunakan untuk mengukur tekanan atmosfer, atau disebut juga dengan tekanan barometrik. Atmosfer adalah lapisan udara yang membungkus bumi. Selanjutnya, udara memiliki berat dan menekan semua yang disentuh saat gravitasi menariknya ke Bumi.

Dengan kata lain, fungsi barometer adalah alat untuk mengukur tekanan udara di bumi, baik di atas maupun di bawah permukaan air laut. Alat ini ditemukan oleh ilmuwan Italia, Evagelista Torricelli pada tahun 1643. Awalnya, Torricelli mempelajari karakteristik merkuri ketika ditempatkan dalam ruang hampa, kemudian terciptalah alat barometer pertama yang mampu mengukur tekanan udara.

Jenis barometer berikutnya adalah barometer aneroid. Berbeda dengan barometer air raksa, barometer ini dibuat tanpa cairan. Alat ini terdiri dari kapsul aneroid, kotak logam tipis dan fleksibel yang terbuat dari paduan berilium dan tembaga. Jenis barometer ini dinilai mempunyai ekspansi dan kontraksi tuas dan pegas kotak yang lebih baik, karena memiliki perubahan tekanan atmosfer di luar kotak yang ditutup rapat.

Inilah Rekomendasi Hp Gaming MurahInilah Rekomendasi Hp Gaming Murah

Bermain game menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan pengguna hp. Hampir semua kalangan memiliki minat terhadap game, baik yang tua, muda, anak-anak hingga dewasa.Apalagi kini banyak pilihan hp gaming yang menawarkan spesifikasi tinggi untuk bermain game. Hp gaming sendiri tidak harus yang mahal. Ada juga, kok hp gaming murah yang harganya terjangkau.

Redmi 9
Jika kamu sedang mencari hp gaming 1 jutaan dengan spesifikasi tinggi, Redmi 9 bisa jadi pilihan yang pas. Dengan harga yang masih terjangkau kamu bisa main game dengan puas berkat penggunaan prosesor MediaTek Helio G80.Hp Xiaomi ini dibekali memori https://www.pharmasitedirect.com/ RAM 3 GB maupun RAM 4 GB. Bermain game pun dapat kalian mainkan selama 11 jam karena redmi 9 ini sudah memiliki baterai sebesar 5000 mah dan tentunya hp ini memiliki sistem fast charging.

Xiaomi POCO X3 Pro
Pada April 2021, Xiaomi merilis sebuah handphone gaming POCO X3 Pro yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga tiga jutaan saja. Gawai ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 860 yang merupakan salah satu prosesor flagship terdepan di tahun 2021.Dengan mengusung fast charging, pengisian daya sampai penuh 100% hanya memerlukan waktu 59 menit saja. Menurut Xiaomi, baterai 5.260 mAh ponsel ini mampu bertahan selama 10 jam untuk bermain game wow menarik bukan? Hp ini memang cocok untuk kalian yang memang memiliki kebutuhan game berat dan tentunya tidak ingin frame ditambah teknologi LiquidCool 1.0 agar perangkat tidak cepat panas.

Poco M3
Poco M3 rilis di Indonesia pada 21 Januari 2021. Hadir dengan desain elegan dan layar 6,53 inci 1080p FHD+, kamu bisa puas menikmati grafis HD di game menggunakan HP ini.Urusan performa, HP ini diotaki oleh Qualcomm Snapdragon 662 yang bisa membguat kal;ian tentunya semakin nyaman dalam bermain game karena dengan adanya chipset yang bagus membuat kalian semakin lancar dalam bermain game.Mampu menghadirkan performa tinggi octa-core dengan kecepatan clock maksimum 2,0GHz.HP gaming murah 1 jutaan 2021 ini menawarkan varian 4GB ataupun 6GB RAM dengan 128GB ROM. Ditambah dengan baterai 6000 mAH yang tahan lama, kalian akan semakin betah menggunakan Poco M3.

Realme C3
Realme C3 adalah salah satu ponsel murah dengan kemampuan yang tidak murahan. Tengok saja CPU Mediatek Helio G70 yang terpasang. CPU tersebut bukan mesin abal-abal. Apalagi, jika sudah dipadukan dengan GPU Mali-G52, RAM 3 GB, dan memori internal 32 GB.Seolah belum cukup, Realme C3 juga dibekali dengan baterai 5000 mAh. Sampai sini, Kalian bisa menduga ponsel ini bisa disebut ponsel yang bisa diandalkan untuk bermain game-game masa ini. Harganya dijamin murah meriah dan tidak lebih dari 2 juta.

Amazon Dukung Kesetaraan Gender Perempuan Jadi Pemimpin di Dunia Teknologi

Amazon Dukung Kesetaraan Gender Perempuan Jadi Pemimpin di Dunia TeknologiAmazon Dukung Kesetaraan Gender Perempuan Jadi Pemimpin di Dunia Teknologi

Amazon Dukung Kesetaraan Gender Perempuan Jadi Pemimpin di Dunia Teknologi – Platfrom sebesar Amazon melihat adanya potensi perempuan untuk menjadi pemimpin di dunia teknologi. Hal ini juga terlihat dari riset yang dikeluarkan Linkedin Jobs Jobs on the Rise tahun 2022 menunjukkan Data Scientist Specialists dan Machine Learning Engineers merupakan dua pekerjaan dengan pertumbuhan slot gacor gampang menang tercepat selama lima tahun terakhir di Indonesia dan diproyeksikan akan terus tumbuh di masa depan.

Namun, studi ini juga menyoroti rendahnya tingkat partisipasi perempuan di dua pekerjaan bidang teknologi tersebut. Sepanjang tahun 2021, hanya 33,3% perempuan yang dipekerjakan sebagai Data Scientist Specialists dan hanya 27,8% sebagai Machine Learning Engineers.

Dengan misi untuk mengurangi kesenjangan gender di dunia kerja teknologi, Amazon Web Services (AWS) InCommunities menginisiasi AWS Girls’ Tech Day. Kegiatan ini merupakan sebuah prakarsa global untuk edukasi STEAM (science, technology, engineering, arts, dan mathematics) bagi anak perempuan dan perempuan muda.

Dihadirkan perdana di Indonesia pada 19 dan 26 November lalu bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI), sebuah lembaga nirlaba yang fokus mempersiapkan generasi muda untuk bekerja, program ini mengedukasi, menginspirasi, dan memberdayakan 250 pelajar perempuan dari lima SMA/SMK di Jawa Barat untuk membangun minat dan karier di bidang teknologi.

Girls’ Tech Day

Diadakan sejak 2018, AWS Girls’ Tech Day telah memberikan dampak bagi lebih dari 7.000 anak perempuan dan perempuan muda berusia 8-24 tahun dari 12 negara di seluruh dunia. Hadirnya program inovatif ini di Indonesia diharapkan dapat membantu menyediakan akses dan kesempatan yang setara terhadap pendidikan STEAM bagi mereka yang selama ini kurang terwakili dalam bidang studi tersebut.

Selain itu, program ini juga merupakan wujud komitmen AWS untuk mendukung lahirnya generasi pemikir kreatif dan pemimpin perempuan masa depan di bidang teknologi di Indonesia. Inisiatif ini menjadi langkah awal yang penting dan inspiratif bagi para pelajar perempuan untuk memahami tren dan peluang karier bidang teknologi, merancang jalur pendidikan dan pengembangan diri menuju karier bidang teknologi di masa depan, serta mengeksplorasi ragam keterampilan seputar pengkodean dan robotika.

“Kami berharap pengalaman menyenangkan dalam program ini dapat memberikan aspirasi baru bagi para perempuan muda untuk percaya diri menjadi talenta teknologi yang kompetitif di industri. Kami merasa terhormat dapat dipercaya untuk mengembangkan kemitraan berdampak bersama AWS Indonesia. Komitmen dari AWS selaras dengan misi kami dan Junior Achievement secara global dalam mempersiapkan generasi muda agar berhasil di pekerjaan masa depan,” kata Robert Gardiner, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia.

Mempelajari robotika

AWS Girls’ Tech Day di Indonesia terdiri dari dua aktivitas utama yang dirancang secara interaktif dan menarik. Melalui sesi bincang inspiratif, enam sosok perempuan yang telah sukses berkecimpung di industri teknologi berbagi wawasan praktis dan pengalaman riil seputar langkah-langkah yang perlu dilakukan para perempuan muda untuk mempersiapkan diri menjadi talenta profesional.

Selain itu, mereka juga belajar mengenai konsep dan fungsi dari pusat data dan komputasi awan menggunakan perangkat robotika Quarky (robot berukuran saku yang dapat diprogram ulang dengan Wi-Fi dan Bluetooth bawaan) dan perangkat lunak pemrograman Pictoblox (perangkat lunak pemrograman grafis). Melalui pembelajaran dan aktivitas tersebut, para pelajar berkenalan dengan beragam teknologi yang banyak diadopsi oleh dunia industri saat ini, seperti pemrograman, kecerdasan artifisial, dan robotika.